Apa itu Cloud Computing?

Cloud Computing Illustration

MalmiNgoprek - Cloud Computing, mungkin ini masih terasa asing bagi kalian yang baru mulai mengenal jaringan komputer. Yah, Cloud Computing merupakan sebuah teknologi terbaru pada dunia komputer. Apa sih itu Cloud Computing? Terdapat beberapa definisi untuk Cloud Computing oleh para ahli. Menurut NIST (National Institute of Standard and Technology), Cloud Computing adalah sebuah model yang memngkinkan adanya penggunaan sumber daya (resource) secara bersama-sama dan mudah, menyediakan jaringan akses dimana-mana, dapat dikonfigurasi, dan layanan yang digunakan sesuai keperluan (on demand). Hal ini memungkinkan layanan Cloud Computing disediakan dengan cepat dan meminimalisir interaksi dengan penyedia layanan (vendor/provider) Cloud Computing.
Sebagai sebuah teknologi perbaikan dari teknologi-teknologi sebelumnya (Grid Computing dan Cluster Computing), tentu terdapat SLA (Service Level Agreement) antara penyedia layanan berbasis Cloud Computign dengan pengguna akhir (end user). SLA merupakan perjanjian mengikat yang harus dipatuhi bersama antara penyedia layanan dengan para pengguna layanan.

Latar belakang kemunculan Cloud Computing


Kemunculan Cloud Computing dilatar belakangi oleh kebutuhan dunia industry dan komputerisasi akan pemanfaatan bersama sumber daya komputasi yang tersebar, namun dapat digunakan sesuai keperluan (on demand). Pada teknologi sebelumnya yaitu Grid Computing belum dapat melakukan hal ini dengan baik. Penyebab lainnya yang memunculkan teknologi Cloud Computign adalah teknologi web 2.0, teknologi web service, serta kemampuan komputasi otomatis yang dilakukan oleh komputer (automatic computation) terkait dengan manajemen sumber daya yang dimilikinya. Namun tidak hanya itu saja yang melatar belakangi kemunculannya Cloud Computing, hal lainnya seperti perkembangan hardware (termasuk juga hardware di jaringan komputer dan hardware komputer), software (termasuk juga sistem operasi, aplikasi, metode pengembangan software, library), serta perkembangan internet (dengan kemunculan 4G dan 5G yang menandai kemajuan kecepatan internet di dunia). Turut andil dalam mendukung lahirnya Cloud Computing sebagai sebuah teknologi dan layanan komputasi dan sumber daya komputasi.

Mengingat bahwa kebutuhan akan layanan yang lebih baik dair Grid Computing dan kebutuhan untuk pemakain aplikasi hingga keperluan untuk perkembangan aplikasi dan infrastruktur aplikasi dan jaringan komputer itu sendiri, maka terbentuklah 3 jenis layanan utama pada Cloud Computing. Ketiga jenis layanan itu mencakup sisi aplikasi, sisi platform, dan sisi infrastruktur. Sedangkan dari sisi Deployment, muncul keberagamanan jenis Cloud Computing berdasarkan kondisi jaringan, cakupan pengguna dan spesifik kebutuhan dari pengguna bersangkutan. Sehingga muncullah Private Cloud, Public Cloud, Community Cloud, dan Hybrid Cloud.

Kelebihan Cloud Computing


Sebagai sebuah teknologi jaringan komputer yang saat ini banyak digunakan. Cloud Computing memiliki sejumlah kelebihan dari teknologi sebelumnya, kelebihan itu antara lain :

  • Kemudahan untuk menggunakan aplikasi secara bersama-sama dan online tanpa perlu instalasi dan konfigurasi.
  • Dapat diterapkan pada jaringan lokal (intranet), public (internet) maupun keduanya.
  • Penghematan biaya
  • Layanan penyimpanan data dan informasi secara online
  • Layanan komputasi dengan sistem tersebar
  • Kemudahan untuk digunakan disebanyak mungkin sistem operasi dan komputer (baik itu di komputer desktop hingga smartphone).
  • Kemudahan dalam pengembangan aplikasi secara bersama-sama sesuai kebutuhan.
  • Kemudahan dalam berbagi dan menggunakan layanan infrastruktur, baik perangkat keras maupun perangkat lunak dan kombinasi keduannya.

No comments