Karakteristik Cloud Computing

Characteristic of Cloud Computing

MalmiNgoprek - Di postingan sebelumnya kita telah menjelaskan Definisi, Latar Belakang dan Kelebihan dari Cloud Computing. Dalam postingan berikut ini kita akan membahas lima Karakteristik Cloud Computing diantaranya On Demand Self Service, Broad Network Access, Resource Pooling, Rapid Elasticity dan Measured Service.
Sebagai sebuah teknologi dan layanan dalam jaringan komputer, Cloud Computing memiliki beberapa karakteristik khusus. Karakteristik yang terdapat dalam Cloud Computing tersebut ada lima yaitu On Demand Self Service, Broad Network Access, Resource Pooling, Rapid Elasticity, dan Measured Service. Kelima karakteristik Cloud Computing akan dijelaskan berikut ini :

On Demand Self Service

On Demand Self Service merupakan karakteristik Cloud Computing dimana pengguna layanan Cloud Computing dapat secara mandiri menyediakan semua keperluan dan kapabilitas terkait dengan komputasi pada Cloud Computing. Antara lain berupa ketersedian network storage (media penyimpanan digital pada jaringan komputer), server time (sistem waktu di sisi komputer server), dan lain-lain, dengan meminimalisir interaksi dengan penyedia layanan (service provider/server). Layanan ini dapat digunakan oleh pengguna sesuai dengan keperluannya (on demand)

Broad Network Access

Broad Network Access merupakan karakteristik dalam Cloud Computing dimana layanan Cloud Computing memerlukan akses jaringan yang memadai, baik pada internet, intranet, atau kombinasi keduanya. Pada skala besar, adanya kapabilitas yang tersedia pada jaringan komputer dan akses ke jaringan, akan memudahkan dalam penyedian layanan kepada para pengguna dari berbagai platform dan media akses.

Resource Pooling

Resource Pooling merupakan karakteristik Cloud Computing dimana sumber daya (resource) komputasi dapat diberdayakan secara bersama-sama dengan lokasi fisik yang berbeda-beda. Salah satu kunci utama pada teknologi Cloud Computing adalah adanya virtualisasi. Dengan adanya virtualisasi ini, ditunjang pula oleh adanya beragam server yang berada dibanyak tempat, menjadikan Cloud Computing dapat melayani para pengguna dengan lebih optimal berdasarkan ketiga jenis layanan yang diberikan. 

Rapid Elascticity

Rapid Elasticity merupakan salah satu karakteristik dalam Cloud Computing dimana terjadi elastisitas yang cepat pada layanan Cloud sesuai dengan kebutuhan pengguna yang bersifat on demand. Pada layanan berbasis Cloud Computing terdapat adanya jumlah layanan yang dapat naik maupun menurun sesuai dengan layanan yang diberikan kepada pengguna dan dalam waktu yang cepat.

Measured Service

Measured Service merupakan karakteristik dalam Cloud Computing dimana layanan pada Cloud dapat diukur. Pengukuran layanan pada Cloud Computing dapat dilakukan melalui QoS dan QoE untuk kualitas layanan. QoS (Quality of Service) merupakan pengukuran kualitas layanan pada Cloud Computing dilihat dari sisi penyedia layanan Cloud Computing (provider), sedangkan QoE (Quality of Experience) merupakan pengukuran layanan pada Cloud Computing dilihat dari pengguna layanan tersebut.



No comments