Auto Repository using Bash Shell Scripting (Indonesian Repository)

Bash Shell
MalmiNgoprek - Setelah sekian lama tidak update postingan kali ini MalmiNgoprek share sebuah script bash yang digunakan untuk melakukan auto add repository Ubuntu 16.04 Xenial Xersus. Namun repository yang ada pada script ini hanyalah repository Indonesia. Repository Indonesia tersebut yang masih aktif dan benar-benar masih dimanajemen oleh beberapa pihak diantaranya yaitu repository yang berasal dari kambing.ui.ac.id dan ftp.itb.ac.id. Kedua repository ini hingga kini masih aktif dan melakukan update secara berkala pada hari-hari tertentu. 

Auto add repository ini bertujuan untuk memudahkan pengguna Linux khususnya Ubuntu melakukan penambahan repository tanpa perlu repot-repot melakukan copy paste dari sebuah website yang memberikan info-info repository indonesia. Untuk sementara ini auto add repository hanya menyediakan repository ubuntu saja. Namun tidak dipungkiri jika auto add repository ini ada menyediakan repository untuk distro Linux lainnya seperti Debian, Redhat, dan CentOS,

Nah, dimana kita bisa mendapatkan auto add repository ini? Untuk mendapatkan Auto Add Repository ini kita dapat mengunduhnnya dengan cara berikut ini.

wget https://raw.githubusercontent.com/idnewbie/Shell-Scripting/master/ubuntu-repo.sh

Setelah file terdownload silahkan chmod +x

chmod +x ubuntu-repo.sh

Selanjutnya untuk menjalankan Auto Add Repository ini kita harus sebagai Super User (root)

sudo ./ubuntu-repo.sh

Auto Add Repository Ubuntu 16.04
Auto Add Repositoty Ubuntu 16.04


No comments